Pusat Grosir Aneka Kopi, Minuman Serbuk, dan Bahan-bahan Kafe

Ekspansi Bisnis Kapankah Bisa dilakukan?

Minuman Coklat Blender

Minuman Coklat Blend

 

Cafeos.net – Ekspansi atau perluasan wilayah kapankah bisa kita lakukan setelah uaha itu berjalan? Ketika kita mengawali membuka usaha, kita kadang tidak mau berfikir panjang. Yang penting dijalani saja, bukan?

Namun setelah bisnis yang kita jalankan, memperoleh hasil keuntungan yang terus menerus kita akan mulai berfikir alternatif ekspansi usaha sejenis atau yang lain karena begitu banyaknya pilihan. Bisa jadi kita akan membuka cabang, atau menambah varian produk dan pilihan lainnya. Semuanya bisa kita lakukan, tidak ada yang salah.

 

Tetapi sebaiknya, sebelum ekspansi dijalankan kita perlu memetakan situasi yang terjadi atau akan dihadapai. Ini untung menghindari keputusan hanya berdasar perasaan/feeling. Misalnya, dulu wartel/warnet menjadi yang paling diburu, tetapi bisnis pun semakin tumbuh dan berkembang cepat sampai banting-bantingan harga pula. Sekarang? Hampir semua orang punya smartphone, wifi gratis di mana-mana, kuota murah tersebar mudah.

 

Jika bisnis yang kita tekuni seperti itu, sebaiknya anda buka cabang tetapi dengan usaha jenis lain. Ini berguna jika pelanggan atau konsumen beralih ke hal lain, kita sudah mempersiapkan perahu cadangan agar tidak tenggelam. Anda bisa menggarap dengan target pasa berbeda bukan? Namun anda juga tidak perlu memulainya dari nol. Semacam numpang beken, ini dengan mengikuti trend sebagai mitra sebuah waralaba. Karena kita tidak perlu membangun dari nol, karena pemilik brand sudah membangunnya lebih dulu. Intinya, anda bisa membidik target pasar yang lain, jika pasar yang sedang anda jalani sekarang cukup jenuh. Ingat, sebelum melakukan ekspansi usaha, petakan lebih dulu soal:

 

Demand (permintaan), jumlah barang atau jasa yang diminta oleh konsumen.
Supply (penawaran), model penawaran yang digunakan dipasar guna menentukan harga dan kualitas.
Produk subtitusi (barang pengganti), barang yang dapat menggantikan atau digantikan, seperti kopi dan teh, mereka dapat saling menggantikan fungsi.
Terakhir, kompetisi dan tren ke depan.

 

Selamat berwirausaha!

 

Baca juga :

Usaha dengan Modal Minim Bukan Masalah