Pusat Grosir Aneka Kopi, Minuman Serbuk, dan Bahan-bahan Kafe

Kemasan atau Packaging Produk Cafeos

Bubuk Minuman Taro

Bubuk Minuman

 

Cafeos.net – Mengapa produsen suatu produk kebanyakan membuat kemasan/packaging dengan beberapa ukuran? Dari kecil, sedang, tanggung dan besar?

 

Mari kita cari tahu, posisikan diri kita sebagai calon konsumen yang belum membeli. Ketika kita menginginkan mencoba produk, misalnya Bubuk Minuman Cafeos. Ada banyak Bubuk Minuman serupa juga dijual dan anda asing dengan semua nama produk tersebut. Apa yang anda lakukan? Pilihan mana yang akan anda jatuhkan?

 

Memilih kemasan yang besar 1 kg atau akan memilih sachet (paket sample) dengan ukuran kemasan kecil? Anggap semua desain yang ada di sana menari dan unik.

 

Sebagai calon konsumen yang belum membeli, kita pasti akan berfikiran, “Kalau beli yang besar, risiko tidak cocok dengan rasa pasti akan terbuang sia-sia dong ya?”
Tetapi kalau kita memilih ukuran yang kecil/sachet lebih aman, sekali digunakan habis.

 

Kemasan kecil ternyata jauh lebih menarik, kemasan kecil inilah atau sachet (paket sample) disebut dengan kemasan trial. Kemasan penggoda untuk brand switching (perpindahan merek). Semakin kecil hambatan calon konsumen untuk mencoba produk kita, maka semakin besar nilai konversi produk kita. Setelah konsumen mencoba dan cocok, baru mereka akan membeli kemasan yang lebih besar. Ini berlaku bagi konsumen yang loyal.

 

Namun tidak melulu si pembeli kemasan kecil ini karena ingin mencoba, terlebih kemungkinan ia belum membutuhkan sekali hanya sekadar ingin mencoba atau mencicipi. Bisa jadi dia juga ingin menjadi reseller, siapa yang tahu? Karena peluang bisa didapat untuk orang-orang yang peka menangkap kesempatan.

 

Hikmah yang bisa kita ambil ialah sebelum kita melaunching produk, pikirkan lagi yang dibutuhkan calong pelanggan/konsumen yang masih awam soal Bubuk Minuman misalnya. Maka berilah kebijakan untuk menciptakan kemasan, dengan beberapa ukuran.

 

Baca juga :

Otak Moncer Berkat Sarapan dengan Es Krim Cokelat